Monday 16 March 2015

Obat cacing untuk kucing dan kegunaanya




Pemberian obat cacing pada hewan kesayangan sangat penting untuk mencegah berbagai infeksi cacing. Banyak pemilik tidak menyadari hewan kesayangan mereka telah terinfeksi cacing sampai terlihat adanya gejala klinis yang ditimbulkan, dan kebanyakan ketika gejala klinis yang ada muncul maka akan berakibat buruk pada hewan kesayangan mereka. Akibat yang ditimbulkan seperti kehilangan nafsu makan, kehilangan berat badan, batuk, diare dan muntah cukup banyak. Kegiatan pencegahan sangat penting dilakukan, karena meskipun diletakkan di kondisi lingkungan yang bersih tidak menjamin hewan kesayangan kita terbebas dari infeksi cacing. Anjing atau anak anjing dapat terinfeksi cacing dari gigitan kutu, gigitan nyamuk atau kontak dengan anjing lain yang terinfeksi.

Cara Kerja Obat Cacing

Sebagian besar obat cacing hanya dapat membasmi cacing dengan jalan merusak sistem syaraf cacing. Obat cacing tidak membasmi telur cacing. Oleh karena itu, pemberian obat cacing perlu diulang dalam jangka waktu tertentu agar cacing yang baru menetas dari telur dapat segera dibasmi sebelum menjadi dewasa dan menghasilkan telur cacing baru.

Jenis Obat Cacing Dan Targetnya

Obat cacing yang mengandung bahan aktif pyrantel, febendazole, mebendazole dan febantel hanya dapat merusak sistem syaraf cacing gelang. Obat-obat ini tidak berpengaruh terhadap cacing pita. Obat lain yang sering digunakan untuk membasmi kutu (pinjal) dan tungau (scabies, demodex, dll) adalah suntikan ivermectin. Obat ini sering salah kaprah disebut “suntik jamur". ivermectin juga dapat digunakan untuk membasmi cacing gelang, tetapi tidak berpengaru terhadap cacing pita . Sedangkan cacing pita pada kucing hanya dapat dibasmi dengan obat yang mengandung prazyquantel atau dichlorphen.

Obat Cacing Yang Terdapat Di Pasaran

Combantrin (pfizer) : mengandung bahan pyrantel, hanya dapat membasmi cacing gelang, dapat dibeli di apotik
Vermox : mengandung bahan mebendazole, hanya dapat membasmi cacing gelang, dapat dibeli di apotik.
Drontal Cat (bayer): mengandung bahan pyrantel dan prazyquantel, Paling baik digunakan pada kucing, Dapat membasmi cacing pita dan cacing gelang, Bisa dibeli di petshop atau dokter hewan.
Drontal Plus (bayer) : mengandung bahan prazyquantel, pyrantel dan febantel. Biasa digunakan pada anjing, bisa juga diberikan pada kucing (dosis disesuaikan). Jangan diberikan pada kucing yang sedang bunting !. Febantel dapat menyebabkan cacat pada janin kucing.
Well obat cacing
Dapat membasmi kucing secara cepat dan aman, obat cacing ini berasal dari dokter hewan Tunggus Swandie.. tetapi obat ini dapat diperoleh di pet shop

Konsultasikan mengenai pemberian obat cacing ini dengan dokter hewan langganan anda.

No comments:

Post a Comment