Wednesday 18 March 2015

Manfaat minyak ikan



Minyak ikan berguna untuk tubuh manusia, karena ada banyak nutrisi.. Produsen minyak ikan telah menunjukkan bahwa minyak ikan bisa menjadi obat untuk hampir segala penyakit.

Berbagai jenis ikan yang dapat dijadikan sumber yang baik dari minyak ikan adalah:
makarel, trout pelangi, trout, halibut, herring, sarden, ikan todak, tiram, tuna, tuna sirip biru, tuna sirip kuning, ikan asin dan salmon. Kualitas minyak ikan sangat tergantung pada jenis ikan apa yang diolah untuk diambil minyaknya.

Berikut ini beberapa Manfaat kesehatan dari minyak ikan :

Jantung Sehat
Menurut American Heart Association (AHA), uji klinis telah membuktikan bahwa omega 3  efektif untuk mengurangi penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular (CVD). Minyak ikan merupakan sumber omega 3 yang baik, oleh karena itu dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan aritmia jantung. Minyak ikan juga menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan tingkat kolesterol baik (LDL). Minyak ikan mencegah akumulasi trigliserida dan selanjutnya mengurangi tingkat trigliserida berlebih. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa minyak ikan dapat digunakan untuk mencegah aterosklerosis pada pasien jantung koroner. Jadi minyak ikan efektif dalam mengobati stroke dan  jantung, penggunaan rutin minyak ikan dapat membantu menghindari banyak kematian mendadak akibat jantung. Menurut American Heart Association, temuan-temuan awal harus dikonfirmasi oleh penelitian yang lebih rinci.

Berat Badan
Minyak ikan juga membantu dalam menurunkan berat badan.
Penelitian yang dilakukan oleh Profesor Peter Howe di University of South Australia telah menunjukkan bahwa minyak ikan dapat meningkatkan efektivitas latihan dalam mengurangi berat badan. Relawan yang diberi diet minyak ikan menunjukkan penurunan berat badan yang lebih besar, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi diet minyak ikan. Latihan dikombinasikan dengan minyak ikan memiliki efek positif pada bentuk tubuh dan komposisi tubuh dari pasien.

Peningkatan Imunitas
Diyakini juga bahwa konsumsi rutinminyak ikan dapat membantu dalam meningkatkan kekebalan, sehingga memungkinkan untuk melawan timbulnya penyakit umum seperti flu, batuk dan flu. Asam lemak Omega 3 dalam minyak ikan bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan mempengaruhi sitokin dan eicosanoid dalam tubuh kita. Para peneliti juga mempelajari pengaruh tepung ikan dan minyak ikan pada sistem kekebalan tubuh babi, dan menemukan bahwa minyak ikan membantu dalam pertumbuhannya. Penelitian serupa yang dilakukan pada tikus di Taichung Veterans General Hospital, Taiwan, juga memberikan hasil yang positif. Jadi minyak ikan memiliki potensi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Minyak ikan juga bermanfaat untuk pasien yang menderita lupus, yang merupakan penyakit yang ditandai dengan serangan dari sistem kekebalan tubuh pada berbagai organ dan jaringan. Hal ini juga membantu dalam mengurangi demam terkait, ruam kulit dan kelelahan.

Minyak ikan untuk HIV
Penelitian yang dilakukan oleh Program Ilmu Gizi di Lexington telah meningkatkan bukti jika minyak ikan bisa digunakan sebagai pengobatan untuk HIV-AIDS. Namun, penelitian yang lebih mendalam masih perlu dilakukan dalam hal ini.

Anti-inflamasi
Ikan efektif dalam mengurangi peradangan dalam darah dan jaringan. Konsumsi secara teratur suplemen minyak ikan, tablet, pil dan kapsul sangat membantu untuk mereka yang menderita penyakit peradangan kronis. Minyak ikan efektif dalam mengobati gangguan pencernaan, sariawan, sindrom usus pendek dan penyakit radang usus (IBD) termasuk Penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, yang merupakan kelai
Kandungan Omega 3 di dalam minyak ikan dari dulu sudah banyak digunakan para veterinarians (Dokter Hewan) di berbagai negara untuk mengobati alergi pada kulit kucing, tetapi sekarang minyak ikan telah juga banyak digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti sakit ginjal, mengurangi kolesterol dan radang sendi pada kucing.

No comments:

Post a Comment